Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


DELI SERDANG, wartaonenews.com//. Selasa (5/7/2022) PKL 12.30 wib 

Dinas Pendidikan (Disdik)  kabupaten Deli Serdang memastikan IKM (Implementasi kurikulum merdeka) akan diterapkan serentak di semua sekolah kabupaten Deli Serdang,
pada tahun ajaran baru 2022-2023, 11 Juli mendatang.

kegiatan workshop ( IKM ) Implementasi kurikulum Merdeka,   dilaksanakan di kecamatan pantai labu berlangsung selama 3 hari yakni pada tanggal 5 -7 juli, bertempat di UPT SPF SD Negeri 105336 Rantau Panjang Dusun III Desa kelambir kecamatan Pantai labu, Kabupaten Deli Serdang.

Dihari pertama kegiatan dibuka  oleh Kabid  Pembinaan SD kabupaten Deli Serdang Samsuar Sinaga,  didampingi Korwil kecamatan Pantai labu H. Bahren Nasution S.Ag ketua mkks/ketua panitia workshop IKM  Syahrizal S.Pd. SD. Rosalin Siallagan M.Pd kasi kurikulum Disdik Deli serdang, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Deli serdang Muriadi SH,M.Pd. 

Kegiatan acara tersebut  dihadiri 102 orang peserta workshop IKM,  terdiri dari  seluruh (kepsek) kepala sekolah SD Negeri/swasta pelaksanaan workshopnya di bagi menjadi 4 kelas di SD negeri 105336 rantau panjang dengan 5 atau 6 orang perwakilan masing-masing setiap sekolah   guru mata pelajaran serta para guru-guru kelas 1 dan 4 se kecamatan pantai labu.

Pada pembukaan (IKM) implementasi kurikulum merdeka ini kadis pendidikan kabupaten Deli Serdang  melalui Kabid pembinaan SD Deli Serdang Samsuar sinaga mengatakan dalam sambutannya  menyampaikan  
bahwa pelaksanaan workshop ini diharapkan mampu memberi pengetahuan yang lebih terhadap bapak ibu guru dalam menghadapi kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru mendatang, sehingga dalam pelaksanaanya nanti bisa mengoptimalkan pembelajaran kepada peserta didik menggunakan kurikulum baru.

Setelah pembukaan, workshop IKM  dilanjutkan dengan pemaparan oleh beberapa Narasumber mengenai kurikulum merdeka, serta memberikan gambaran berbagai kurikulum merdeka ini, untuk diterapkan kepada kepsek (kepala sekolah) SD Negeri/swasta guru-guru peserta  workshop yang hadir. 

Di tempat Terpisah di ruangan guru korwil kecamatan pantai labu H. Bahren Nasution S.Ag mengutarakan kepada kru media wartaonenews.com, bahwa  
Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran bagi peserta didik untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Seorang Guru harus memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan minat peserta didik.

Konsep dari Kurikulum Merdeka yakni mendukung pemulihan pembelajaran berbasis project yang mengembangkan soft skills dan karakteristik
"ungkapnya".

Masih korwil kecamatan pantai labu menambahkan mengucapkan  terima kasih kepada  pemerintah kabupaten Deli serdang, yakni kepala dinas pendidikan (Kadisdik) kabupaten Deli Serdang Yudi Hilmawan S.E. M.M, yang sudah memberikan pembekalan, mengedukasi para guru-guru menerangkan penjelasan sejelas-jelasnya dalam kegiatan workshop IKM dengan cerdas, menarik dan humoris, dengan pengetahuan guru dalam mengajar," melalui para narasumber fasilitatornya  tegas Bahren Nasution S.Ag.

Turut menghadirkan 8 Orang
"Narasumber fasilitator mewakili dinas pendidikan kabupaten Deli serdang dari bidang masing- masing pendidikannya yaitu ; Nomi Anggreani Sinambela S.Pdi, Saminam S.Pd  (Guru kelas 1), Suryani S.Pd. M.Pd (kepsek) Eni Widiagustini, S.Pd, SD (guru kelas IV), Nilasari Husuhut S.Pd. SD, Rismarito Munthe S.Pd (guru kelas olahraga), Agus Suroso S.Pd. Sunardi S.Pd. M.Hum.

Ketua panitia workshop IKM  (kepsek SDN 101925 pantai labu) sekaligus peserta  workshop IKM  Syahrizal S.Pd SD menambahkan dengan adanya pelaksanaan workshop IKM (implementasi kurikulum merdeka) guru juga dapat ilmu membekali siswa meskipun dengan berbagai bentuk karakteristik yang berbeda.

"Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mengajar guru harus dapat melihat peminatan dan  potensi siswa, potensi akademik dan ketrampilan khusus siswa di bimbing guru berkompetensi untuk terarah, terasah sesuai potensinya. akademik, dan bakat ketrampilan khususnya,"imbuhnya.(Syafi'i hrp/put)