Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


1 Agustus 2022
Deli Serdang, wartaonenews.Com//
Pasca diberitakan soal keluhan salah satu wali murid mengenai keberadaan gedung dan fasilitas sekolah SD Negeri 106160 Tanjung Rejo yang memprihatinkan karena rusak dan jorok, membuat Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Deli Serdang,Soal SDN 106160 Tanjung Rejo Rusak dan Jorok, Dinas Pendidikan Deli Serdang Akan Panggil dan Tinjau Kepsek Syamsuar Sinaga angkat bicara.

Kepada wartawan, Minggu (31/7/2022), secara tegas Syamsuar Sinaga akan melakukan peninjauan dan kunjungan mendadak (sidak) ke sekolah yang beralamat di Jalan Lembaga, Desa Tanjung Rejo,  Kecamatan Percut Sei Tuan tersebut.

"Tanpa diketahui pihak sekolah kita akan kunjungi sekolahnya guna memastikannya. Kalau kerusakan ringan, Kepsek bisa menggunakan dana BOS, kalau kerusakan sedang-berat bisa menggunakan anggaran APBN-APBD kepada pihak sekolah untuk lakukan perbaikan dan pembenahan," tutur Syamsuar kepada wartawan melalui Whatsapp.

Disinggung dugaan tidak transparansinya SD Negeri 106160 mengenai penggunaan anggaran dana BOS, Syamsuar kembali berjanji akan melakukan tindakan tegas.

Pasalnya, di SD Negeri 106160 tersebut tidak ada terlihat dipampangkan di Mading sekolah mengenai anggaran yang digunakan dari dana BOS. Sehingga tak dapat diketahui wali murid maupun masyarakat umum. Padahal hal itu menjadi informasi publik sesuai UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. "Siap, segera dilakukan perbaikan dan pembenahan," tegasnya.

Selain itu, Syamsuar juga berjanji akan dilakukan pembinaan terhadap Kepala sekolah (Kepsek) Zulmauli Nasution yang diduga acuh terhadap wartawan yang mencoba mengkonfirmasi keadaan bangunan dan fasilitas di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. "Kita akan melakukan pembinaan dan pembenahan," tegasnya.

Ditempat terpisah, Korwil kecamatan Percut Sei Tuan yang juga merupakan perpanjangan tangan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Kosmaidah Samosir mengaku segera akan memanggil  Zulmauli Nasution. "Besok saya akan panggil Kepseknya ya," imbuh Kosmaidah.

Menanggapi keluhan soal gedung dan fasilitas serta Kepsek di SD Negeri 106160, Aktivis Peduli Pendidikan Sumatera Utara, Zulkarnain Harahap SH. MH mengatakan siap mengawal adanya dugaan-dugaan pelanggaran di sekolah itu.

Bahkan Zulkarnain menyatakan siap mendesak Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Yudi Hilmawan SE. M.M untuk mengevaluasi Kepsek Zulmauli Nasution.

"Bila perlu mencopot Kepsek SD Negeri 106160 Tanjung Rejo agar tidak membawa citra buruk atau bobroknya dunia pendidikan di kabupaten Deli Serdang, karena ini terkait etika maupun kinerja Kepsek yang diduga tidak becus dan tidak mampu bertugas dengan baik," ucapnya.

Berdasarkan amatan wartawan, sampai hari ini (Minggu (31/7/2022), keberadaan sekolah di SD Negeri 106160 Tanjung Rejo masih belum melakukan pembenahan dan perbaikan. Kondisi asbes depan ruangan guru masih rusak tidak terpasang menganga lebar, sampah berserakan, pintu kamar mandi siswa lepas semua dan lantai kamar mandi jorok berlumut bercampur pasir hitam.

Sebelumnya, salah seorang wali murid mengeluhkan keberadaan sekolah SD Negeri 106160 Tanjung Rejo yang kian memprihatinkan.

"Kami was-was atas keselamatan anak kami karena kondisi sekolah yang memprihatinkan gitu. Takut kita bang asbesnya jatuh dan mengenai anak kita, belum lagi kamar mandinya sangat jorok lantainya, geli lihatnya bang, tolong dong bantu sampaikan ke pihak sekolah, mungkin sama wartawan mereka mendengarkan," keluh ibu paruh baya yang minta namanya jangan dipublikasikan. (Syafi'i hrp/Put)