Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


06 Januari 2023, siang
Deli Serdang Pagar Merbau | WartaOneNews.com.

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Putra Jawa Kelahiram Sumatera (Pujakesuma) atas dibangunnya Pabrik Minyak Makan Merah (PMMM) di Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang.

Pembangunan pabrik tersebut merupakan sebuah terobosan luar biasa untuk Kabupaten Deli Serdang.

"Ketika bertemu dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Drs Teten Masduki, saya teringat pada ucapan Neil Armstrong yaitu langkah kecil bagi manusia, tetapi lompatan besar bagi umat manusia. Saya pikir ini adalah langkah kecil dari pembangunan. Ini menjadi sebuah terobosan besar bagi tata laksana pengelolaan pabrik kelapa sawit. Saya sangat berharap, semua yang disampaikan bisa terwujud," ungkap Bupati pada kunjungan kerja Menteri BUMN, Erick Thohir ke lokasi pembangunan PMMM di Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (6/1/2023).

Di kesempatan lainnya, Bupati mengatakan Deli Serdang sangat beruntung ketika Menteri BUMN memutuskan untuk pertama kali merubah cara pengolahan kelapa sawit (terbarukan) di Deli Serdang.

"Saya percaya, selain bagi petani kelapa sawit, pembangunan pabrik ini memberi manfaat bagi masyarakat. Karena besar kemungkinan masyarakat pertama yang akan mendapat distribusi dari hasil pabrik, tentu masyarakat yang berada di sekitar pabrik," tegas Bupati.

Sementara sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir pada kesempatan itu mengatakan dengan diresmikannya PMMM tersebut, maka ke depan tidak boleh terjadi lagi kelangkaan minyak goreng.

Eks bos Inter Milan ini juga membuat terobosan, ke depan per-1.000 hektare (Ha) lahan sawit, maka harus ada satu PMMM. Terobosan ini dibuat agar BUMN bisa ikut mengintervensi ekonomi. Khususnya, dalam kelangkaan minyak goreng. Karena seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, Kementerian BUMN tidak bisa ikut terlibat Ungkapnya

"Dengan ini kita tetap melibatkan ekonomi rakyat yakni petani. Jangan petani dijadikan posisinya sebagai objek. Kalau kampanye selalu bilang petani. Udah jadi malah lupa. Ini yang kita mau keberlanjutannya," jelasnya.

Erick ingin memberikan kepercayaan kepada rakyat agar bisa mengelola sumber daya alamnya. "Untuk itulah terobosan per-1000 hektare ada pabrik minyak makan merah ini lahir. Lalu pendanaannya berkolaborasi dari kementerian koperasi dan pengusaha-pengusaha besar. Keuntungannya diambil untuk mendorong ekonomi rakyat. Kami dari BUMN bantu KUR dan bantu juga modal kerjanya. Bahkan kita dampingi supaya jangan sampai pabriknya tidak terawat," sebutnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah mengharapkan agar pabrik yang sama bisa dibuat juga di beberapa daerah lainnya di Sumatera Utara (Sumut), mengingat perkebunan di Sumut cukup banyak.

"Tadi saya sempat berbincang bahwa ternyata harga minyak makan merah ini lebih murah. Beda sekitar Rp2.000 dengan harga minyak curah pada umumnya. Dan ini lebih sehat juga," ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), kata Ketua Partai Golkar Sumut ini, mengapresiasi pemerintah pusat, khususnya Kementerian BUMN yang sudah meresmikan pabrik minyak makan merah ini pertama di Sumut. "Kebetulan ini di Deli Serdang pula. Jadi masyarakat kita yang menikmati pertama dan semoga bisa membantu masyarakat kita serta tidak ada lagi kelangkaan minyak makan," harapnya.

Terakhir, Direktur PT Perkebunan Nusantara 2, Irwan Peranginangin mengatakan PMMM tersebut ditargetkan selesai pada akhir Februari 2023 nanti. 

Ia juga menyebutkan minyak makan merah mengandung lebih tinggi fitonutrien dalam bentuk vitamin E dan karoten. Selain itu juga komposisi asam lemak jenuh lebih rendah dibandingkan virgin palm oil (VPO). "Dan ini juga menghindarkan generasi kita stunting," sebutnya.

Tampak hadir  bersama Menteri BUMN, anggota Komisi VI DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara IV, H Rudi Hartono Bangun SE; Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Partai Gerindra), Harun Mustafa Nasution; Direktur Utama PTPN III (Holding); Dr Ir Muhammad Abdul Gani MSc; Ketua PWNU Sumatera Utara, H Marahalim Harahap SAg MHum; Ketua Umum DPP Pujakesuma, Eko Sopiyanto SE; dan pejabat Kementerian BUMN lainnya; Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH dan Dandim 0204/DS, Letkol CZI Yoga Febrianto SH MSi

Diakhir kegiatan tersebut nampak Turut didampingi rombongan Bupati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, TM Zaki Aufa S.Sos MAP; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Kepala Dinas Budaya, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, H Khoirum Rijal ST MAP; Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah, Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPd; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Muhammad Salim SP MSi; Kepala Dinas Pertanian, Rahman Saleh Donggoran ST MSi; Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab, Sri Ekayani SSos MAB, Camat Pagar Merbau, H Ibnu Hajar SSos SPd,  Muspika. (Syafii Hrp/put)