Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Deli Serdang 
09 Maret 2023, 22:31 wib -Wonews.com
-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Deli Serdang, sedang melakukan pembangunan jalan sepanjang 1.200 meter atau 1,2 kilometer yang menghubungkan Desa Ujung Serdang dan Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Pengerjaan (pengerasan) jalan baru tersebut sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. "Iya, 1,2 kilometer. Itu sebenarnya permintaan masyarakat satu bulan lalu," ungkap Kepala Dinas (Kadis) SDABMBK Deli Serdang, Janso Sipahutar ST MT di sela-sela peninjauan. 

Disebutkan Kadis SDABMBK, sebenarnya jalan-jalan di Desa Ujung Serdang sudah beraspal. Tapi secara kebetulan, jalan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi lintasan anak-anak berangkat sekolah, terutama ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Tanjung Morawa.

"Selama ini, siswa sekolah berputar 7 kilometer. Jadi lebih jauh. Jika dibuka jalan ini, akses bisa lebih cepat, hanya 1 kilometer menuju sekolah," sebut Kadis SDABMBK lagi.

Kadis SDABMBK kembali menjelaskan, pengerjaan mulai dilakukan tahun ini dan sudah dimulai pelebaran, pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sirtu. Selanjutnya akan dilakukan pengaspalan. "Mudah-mudahan bisa sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya anak sekolah," harap Kadis SDABMBK.

Sedangkan mengenai anggarannya, Kadis SDABMBK memastikan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Deli Serdang, sebesar Rp1,7 miliar. "Anggarannya akan ditampung di Perubahan APBD. Sementara dilakukan dengan peralatan yang ada untuk pembukaan jalan dan pemadatan. Untuk biaya lebih kurang menghabiskan Rp1,7 miliar sampai selesai," tutup Kadis SDABMBK.

Hal senada disampaikan Camat Tanjung Morawa, Ismail SSTP MSP. "Jalannya dari Dusun V, Desa Ujung Serdang ke Jalan Pendidikan, Desa Limau Manis. Mulai pengerjaan, sejak Selasa, 7 Maret 2023 kemarin," kata Camat.

Untuk target pengerjaannya sendiri, Camat mengaku belum mengetahuinya. Pengerjaan jalan tersebut sendiri merupakan permintaan masyarakat, dan disampaikan ke Dinas SDABMBK. "Baru kita laporkan dan sudah dikerjakan Dinas SDABMBK," sebut Camat. 

Sebelumnya, tokoh masyarakat Desa Ujung Serdang, Mereksa Tarigan ketika memberi sambutan di acara kunjungan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan di Jambur, Dusun IV, Desa Ujung Serdang, juga berharap agar jalan tersebut segera direalisasikan demi kelancaran siswa berangkat sekolah.

Di sisi lain, ketika meninjau jalan tersebut, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan disambut antusias oleh warga sekitar. Di salah satu rumah warga, Keleng Ate Ginting, Bupati bahkan sampai diberi hadiah berbagai hasil pertanian, perikanan dan lainnya. Mulai dari pisang, ikan Mas, minyak Karo, dan lainnya. 

"Bapak adalah Bapak kami, orangtua kami. Kami selalu mendukung Bapak dalam melakukan pembangunan di Deli Serdang. Di desa kami. Kami sangat senang, Bapak mau singgah di rumah kami ini, di kampung kami ini," ucap Keleng Ate Ginting. 

Ikut serta dalam peninjauan itu, tokoh masyarakat Sumatera Utara, Parlindungan Purba; unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Tanjung Morawa; kepala dan perangkat desa se-Kecamatan Tanjung Morawa dan beberapa Unsur dari Forkopimda Deli Serdang.

Tampak mendampingi Bupati, Kepala Dinas (Kadis) SDABMBK, Janso Sipahutar ST MT; Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikataru), Rachmatsyah ST; Kadis Perikanan, Drs Iwan Januar Salewa; Kadis Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP MSi; Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Heriansyah Siregar ST; dan lainnya. (Syafii Hrp/Puput)