Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


8 Juni 2023
WartaOneNews.com
MEDAN : Ada yang beda dalam pelepasan jamaah calon haji Kloter 16 asal Kabupaten Deli Serdang pada Kamis (8/6/2023) 
di Madinatul Hujaj Asrama Haji Medan.Yaitu seluruh jamaah mengenakan pakaian ihram. Sebab penerbangan Kloter 16 ini langsung bertolak ke Jeddah lalu ke Makkah untuk selanjutnya jamaah akan mengerjakan umroh, tawaf dan sa'i. Jamaah calon haji Kloter 16 ini dilepas oleh Kakanwil Kementerian Agama Sumut, H Ahmad Qosbi SAg MM dan Bupati Deli Serdang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Deli Serdang Drs. H. Citra Effendi Capah MSP beserta jajaran terkait lainnya.

Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan Setdakab Deli Serdang H Citra Effendi Capah mewakili Bupati Ashari Tambun mengiyakan agar jamaah semuanya menjaga kesehatan, disiplin dan jaga nama baik Kabupaten Deli Serdang. "Pesan salam dan doa Bapak Bupati kepada jamaah, jaga kesehatan, disiplin, dan jaga nama baik Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, dan Indonesia.Ilmu manasik yang telah diajarkan agar bisa diamalkan dalam melakukan ibadah di Tanah Suci," harapnya. Dan dia juga berharap kepada jamaah agar sehat dari berangkat, sehat mengerjakan ibadah di Tanah Suci begitu juga saat kembali ke Tanah Air sehat sehat, serta menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

Sementara, Kakanwil Kemenagsu H Ahmad Qosbi mengatakan. sebanyak 348 jamaah Kloter 16 berangkat dengan mengenakan pakaian ihram dari Ahmed dikarenakan sesampainya di Bandara Jeddah langsung menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umroh haji (umroh wajib). "Tidak banyak waktu lagi bagi jamaah sampai ke maktab, oleh karenanya untuk memakai kain ihram di Jeddah, Maka itu diminta kepada seluruh jamaah Kloter 16 agar memakai kain ihram dari mulai Asarama Haji Medan agar lebih cepat untuk menjalani ibadah umroh wajib. Minta ampun kepada Allah SWT. Buat komitmen perbanyak istighfar, berjanji tidak mengulangi lagi kesalahan dan kekhilapan yang pernah dibuat agar selamat dunia dan akhirat dan mempunyai keturunan yang sholeh dan sholehah," ujarnya.

Seluruh Jamaah sebutnya adalah sebagai tamu yang diundang Allah SWT. Maka tidak boleh sombong, angkuh, tidak boleh membuat kerusuhan, tidak memfitnah.
Dari data yang dikeluarkan Humas Asrama Haji Embarkasi Medan, Kloter 16 asal Kabupaten Deli Serdang berjumlah 348 jamaah, 136 pria dan 204 orang wanita plus 8 orang Petugas Haji. Sementara yang menunda keberangkatan ada dua orang, 1 atas nama Yakub Muhammad Yakub Kadir nomor manifest 79 mengalami sakit dan seorang lagi atas nama Henniwati Wahidin Lubis nomor manifest 78 karena pendamping jamaah sakit. Sedangkan open seat 10 orang dengan nomor manifest 351,  352, 353, 354, 355, 356, 357, 358, 359 dan 360.(Syafii Hrp)