Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Jumat, 09 Juni 2023

WartaOneNews.com
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang  melalui Dinas Kesehatan  melaksanakan Launching Program   Public Safety Center (PSC) 119 dan Deklarasi mutu Layanan Fasilitas Dalam Program Jaminanan Kesehatan Nasional sekabupaten Deli Serdang   dihalaman kantor Dinas Kesehatan Deli Serdang, Jumat (9/6/2023).

Launching secara resmi dipimpin langsung oleh Bapak Bupati H. Ashari Tambunan.

Dalam sambutannya, Bupati Deli Serdang menuturkan, "Pada prinsipnya, penanganan gawat darurat akan semakin mempercepat waktu dalam merespon kejadian, sehingga semakin besar kesempatan untuk menyelamatkan pasien dengan melibatkan berbagai pihak yaitu masyarakat, tenaga kesehatan, pelayanan ambulans tanggap darurat dan sistem komunikasi untuk memenuhi semua. Itu dibutuhkan upaya-upaya yang sistematis dengan mempersiapkan sarana prasarana pendukung Public Safety Center (PSC) 119 yang diresmikan hari ini," kata Bupati.

Bupati menuturkan, PSC 119 adalah program unggulan Kabupaten Deli Serdang dalam memberikan akses pelayanan kesehatan 24 jam kepada masyarakat, dan berharap, melalui respon yang cepat, tepat dan akurat, bisa mengurangi angka kematian dan mencegah kecacatan.

Lanjut Bupati Deli Serdang, "pembangunan di bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas pemerintah. Kebijakan tersebut didasarkan kenyataan, bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas hidup, harkat dan martabat".

Akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Deli Serdang, kata Bupati, adalah komitmen pemerintah yang harus dicapai. Salah satu upaya penguatan akses pelayanan kesehatan tersebut adalah dengan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang bertujuan untuk memberi pertolongan pertama pada kasus gawat kedaruratan di sektor kesehatan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 19 Tahun 2016 Tentang SPGDT.

"Kehadiran PSC ini tidak sekadar menjadi solusi penanganan yang cepat, tapi juga sungguh-sungguh mengupayakan koordinasi, kerjasama yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu layanan kesehatan di Kabupaten Deli Serdang," tegas Bupati.

Bupati menekankan, launching tersebut jangan hanya seremonial, namun harus dijadikan momentum perbaikan dan peningkatan pelayanan bagi seluruh masyarakat.

Bupati berpesan kepada semua pihak terkait untuk bekerja secara optimal dan serius untuk menentukan keberhasilan Program PSC 119.

Di kesempatan itu, Bupati menekankan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, siap menjadi salah satu dari sembilan kabupaten/kota yang akan memperbaiki seluruh indikator kesehatan masyarakat Sumatera Utara.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sumatera Utara, dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes menjelaskan, PSC 199 adalah program mendasar dan memberi dampak luas terhadap peningkatan pelayanan kesehatan, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Kita ketahui, tahun 2024 nanti, kita (Sumatera Utara) tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21. Dan tentu, karena Deli Serdang merupakan salah satu tempat pelaksanaan PON, kehadiran PSC ini tentu sangat mendukung keberhasilan pelaksanaan PON nanti. Kita ketahui bersama, dengan kejadian Kanjuruhan, telah ada surat edaran dari Kapolri, yang menyatakan setiap pengumpulan massa harus ada tenaga kesehatan yang siap siaga. PSC ini, tentu sangat kita harapkan perannya dalam mengamankan setiap kegiatan masyarakat yang menghadirkan massa, termasuk tahun 2024 ini kita akan memasuki tahun politik," paparnya.

Hal senada disampaikan Kadis Kesehatan Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan, M.Keb. "Program ini melibatkan semua unsur rumah sakit swasta maupun klinik  atau fasilitas kesehatan lain baik daerah, Ini akan berguna untuk menopang dan mendukung bagaimana nanti mutu kesehatan bisa jauh lebih baik ke depannya," Ungkapnya

Asri Ludin Tambunan,
Menambahkan 
berharap 
Mulai hari ini sesudah Lauching dari Bapak Bupati semua masyarakat sudah bisalah menggunakan fasilitas PSC ini, dan itu sudah kita buktikan semalam, orang Percut Sei tuan ngak kita bawa ke pakam, kita bawa langsung ke rumah sakit swasta sinar Husni dengan bantuan rumah sakit tersebut  Ucap Asri Ludin.
 
Lanjut Asri Ludin menyebutkan ngak mustahil kita berharap capaian untuk kesehatan di masyarakat Deli Serdang tercapailah, mungkin dalam satu atau dua bulan masih adalah goyang-goyang nya, dan kalau ada masukan dari masyarakat  perbaikan-perbaikan selalu kita buatlah. Pesannya 

Disinggung terkait   pengembangan program terakhir ini bagaimana nanti nya ke depan bahwa masyarakat itu tau kalau dia ada masalah kesehatan dia hubungi siapa  contoh saya sakit perut aku mau nanya ini apakah aku perlu ke rumah sakit ini atau makan obat saja, kita berharap bisa terjalin seperti itu tau dia bahwa Pemkab Deli Serdang adil di bidang kesehatan nya Ungkap Asri Ludin Tambunan Kepada Wartawan.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Lubuk Pakam, dr. Zoni Anwar Tanjung, MM, MAk, menyampaikan kepedulian dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakatnya, Deli Serdang adalah kabupaten yang paling besar memberikan anggaran.
"Jaminan Kesehatan Nasional dapat kami laporkan, dalam satu tahun sebesar Rp. 83.967.000.000. Kebetulan Kabupaten Deli Serdang, penduduknya sangat banyak. Jadi, masih ada kekurangan 383.000 lagi yang belum tercover. Tapi insyaAllah, kami (BPJS Kesehatan) mendoakan Kabupaten Deli Serdang lebih sukses dan maju. Jadi, anggarannya bisa bertambah untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI)," harap dr Zoni di acara yang dirangkai dengan pemaparan dari USAID Momentum Program, dr. Oka Syahputra, penandatanganan naskah deklarasi, pelepasan balon Launching PSC serta pawai ambulan.

Hadir di acara itu, Kanit Dokkes Polresta Deli Serdang, AKP Rasidin; Asissten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Citra Effendi Capah, MSP; Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Deli Serdang, Kepala Puskesmas se-Deli Serdang; Pimpinan Rumah Sakit Swasta se-Deli Serdang serta atlet disabilitas.  (Syafii HRP/Puput)