Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


Medan-WONews.com//. 

Masyarakat yang mengatasnamakan Himpunan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Indonesia mendeklarasikan diri untuk tujuan silaturahmi dan saling membantu terutama bagi masyarakat yang berasal dari Tabagsel.

Deklasi untuk pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HMTI tersebut berlangsung di Hotel Madani, Jalan SM Raja Medan, Minggu (11/6/2023) siang.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa yang kesemuanya dilakukan oleh koum-koum dari putra daerah Tabagsel.

Deklarasi ini mengusung Tema "Holong Do Maroban Domu" yang mana HMTI sebagai upaya penguatan persaudaraan yang berasal dari Tapanuli Selatan (Tapsel), Padang Sidempuan, Madailing Natal, Padang Lawas (Palas) dan Padang Lawas Utara (Paluta).

Drs. Setiabudi Pane, selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Hatobangun (orangtua), para tokoh agama, tokoh pemuda, maupun kaum ibu, atas dukungan keberlangsungan acara ini.

Dikatakannya bahwa deklarasi ini menunjukan dan mewujudkan masyarakat Tabagsel untuk maju dalam keberadaannya di seluruh Indonesia. Tentunya, dengan dimulia dengan niat yang tulus dan ikhlas. 

Deklarasi ini juga, sebut Setiabudi Pane, sebagai awal dari kebangkitan masyarakat Tabagsel yang menyambut persaudaraan sesuku dengan persiapan pengukuhan pengurus yang akan diagendakan lbih besar lagi.

"Kehadiran HMTI ini terkandung nilai-nilai dasar yang di dalamnya dengan paradigma baru, dimana tidak ada lagi kita temukan putra-putri Tabagsel tidak sekolah lagi, tidak makan lagi, dan tidak ada lagi yang tidak bekerja," tegas Setiabudi Pane.

Maka dari itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Tabagsel seluruh Indonesia untuk bersama-sama untuk maju, bangkit, dan jaya sesuai dengan yel-yel dari HMTI yang dibacakan serentak oleh tamu yang berhadir.

Usai menyampaikan kata sambutannya, panitia menghadirkan lima orang perwakilan Hotabangun dari 5 Kabupaten/kota untuk membacakan deklarasi dan menunjuk kepada H. Sobirin Harahap, SE sebagai Ketua DPP HMTI.

"Dan untuk itu kami tunjuk kepada saudara H. Sobirin Harahap, SE menjadi Ketua dan segera melengkapi kepengurusan HMTI dengan mempertimbangkan keterwakilan, saran serta hasil rapat sebelumnya dan mempersiapkan pelantikan HMTI," demikian point utama naskah deklarasi yang dibacakan, H. Jurman Harahap selaku perwakilan para Hatobangun yang hadir.

Sementara itu, H. Sobirin Harahap dalam sambutannya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seulurh masyarakat Tabagsel yang mendukung deklarasi HMTI ini. Terlebih bagi para tokoh, orangtua (hatobangon) dari 5 kabupaten/kota se-Tabagsel yang telah menyempatkan diri berhadir dalam pendeklarasian.

Disamping itu, ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak mulai dari pengurus yang telah ikut membantu menggagas pembentukan ini hingga acara.

Sebagai penerima mandat Ketua, pengusaha muda dibilang pengangkutan ini juga memohon dukungan dan doa agar bisa membawa HMTI yang maju dengan tidak melupakan adat dan tentunya memiliki nilai adab.

"Sebagai penerima mandat saya juga terus memohon dukungan, doa kepada semuanya. Kita tidak memaksa, namun terpanggil dari semangat semua mulai dari rapat sampai Pendeklarasian ini. Sampai pendaftaran berkas ke Kemenkumham RI. Untuk itu sekali lagi terimakasih atas dukungan seluruh yang terlibat," ungkap Sobirin yang tegas menyerukan akan melakukan pembentukan kepengurusan sesuai amanat yang diberikan.

Diketahui bahwa acara deklarasi ini dihadiri ratusan pengurus maupun anggota HMTI yang beralamat dari berbagai daerah termaksud dari Tabagsel hingga kota Medan. (Red)